Friday, April 11, 2008

Fillet Ayam Goreng Tepung Saus Jeruk Limo

Description:
Fillet Ayam Goreng Tepung Saus Jeruk Limo(Seri Resep Bantuan untuk Teman yang akan menikah tapi belum bisa masak)
Sangat mudah dibuat untuk calon istri atau istri baru yang ingin memasak untuk suaminya yang ternyata sangat suka dengan ayam goreng sampai-sampai gosong dikit juga ga apa apa. Tapi sangat tidak disukai oleh suami yang vegetarian.

Ingredients:
Fillet daging ayam setengah kg potong panjang-panjang biar cepat masak

Tepung bumbu buat goreng ayam yang saya rekomendasikan merk Yoi bisa beli di Griya bubat
kalo nggak ada merk KOBE juga boleh. Kalo nggak ada juga bisa pake campuran tepung terigu yang digaramin dan dimericain, ditambah tepung maizena dikit. perbandingannya 1 : 4 ya.. tapi on second tought, beli aja deh biar praktis..ntar salaah lagi..

Bawang putih 4 siung potong kotak

Minyak untuk menggoreng

Jeruk nipis sebiji

untuk saus

Jeruk limo 2 biji

1 biji bawang bombay

1 syung bawang putih

minyak untuk menumis

air hangat setengah cup dengan tambahan 1 sdt tepung maizena sebagai pengental

gula, garam merica secukupnya

kecap manis 1 sdm

Directions:
Lumuri ayam dengan jeruk nipis, diamkan sebentar. lalu keringkan dengan tisu non perfume, lalu balur fillet ayam dengan tepung bumbu..pastikan semuanya merata. lalu goreng dengan minyak agak banyak dengan panas sedang. kalo sudah kuning kecoklatan, angkat dan sisihkan. lakukan hal yang sama dangan bawang putih. Goreng bawang putih sampai garing, tapi jangan sampai gosong ya..

Lalu buat sausnya, cacahan bawang bombay dan bawang putih ditumis dengan minyak sampai harum, lalu tambahkan kecap manis, dan terakhir jeruk limo. Masaknyaa dengan api sedang ya. Tambahkan sedikit air yang telah dikasi tepung maizena sebagai pengental. Tambahkan merica, garam dikit aja, dan gula pasir satu sendok teh. jangan pakai MSG, nanti disangka mau ngeracun suami biar kanker lagi.

Kalo udah siap, Tata fillet ayam dengan indah, lalu siram dengan saus jeruk limonya.. Hidangkan dengan Nasi Wangi spektakuler...bisa ditambahin dengan sambal cabai botolan.

Oh iya, aroma jeruk limo yang segar akan menipu anda dengan ilusi, masakan sesegar ini tidak mengandung lemak..padahal maah..whoaa....gorengan gitu loh

Tapi minimal suami anda ga akan akan tertipu2 amat, kan mengandung banyak bawang putih yang bisa melancarkan peredaran darah, jadi bagus juga toooh.. SEHAT.. Oh iya jadi inget, sediakan permen mint setelah makan... Bawang putih Buuuuu..........

PS : Jeruk Limo adalah jeruk kecil berwarna hijau tua yang biasanya dipakai untuk membuat sambal ataupun sebagai asesoris pewangi dalam siomay. Jadi bukan jeruk yang diangkut pake Limo-usine ya... apalagi bukan jeruknyo ado Limo (itu mah bahasa padang)

3 comments: