Saturday, May 03, 2008

JANGAN SISAKAN MAKANAN

Jangan sisakan makanan

Aduh emang susah ya kalo udah kenyang, tapi ternyata masih banyak yang tersisa, dan pada akhirnya akan terbuang begitu saja. Tapi pernah kebayang ga perjalanan makanan sampai ke piring yang  ada di hadapan kita. Petani membutuhkan waktu 3 bulan untuk memanen jagung, melawan panas dan dingin, seekor ayam membutuhkan waktu setidaknya 3 bulan agar bisa dikonsumsi, belum perjalanan para ikan dari laut, bertahun-tahun waktu yang dibutuhkan untuk menjadi besar, ditangkap nelayan, lalu dijual kepasar. Ingat kembali perjuangan ibu kita menghidangkan makanan, peluh yang bercucuran, bau pasar yang tidak menyenangkan, jangan lupa kerja keras para juru masak, yang bersusah payah memasak aneka hidangan yang dipesan pelanggan.

Tapi kalau akhirnya bersisa ? ya gimana dong...

Ya solusinya gampang, makanlah dengan porsi yang sedikit, yang kira-kira bisa kita habiskan, pasti bisa mengukur sendiri kaan..dan  nambah lagi kalo perlu. Ingat ajaran Rasulullah SAW, makanlah sebelum lapar, dan berhentilah sebelum kenyang. Itu juga bisa panduan agar tidak mengambil makanan secara berlebihan, sehingga kalau tidak habis tidak akan mubazir. Dan lapar adalah sebuah sinyal dari tubuh kalo tubuh kita membutuhkan makanan. Makanya sebelum tubuh menjerit meminta makan, sebaiknya kita beri makan. Dan kita berhenti memasok makanan, sebelum tubuh menjerit lagi karena kekenyangan. Semuanya serba pas dan terjadwal jadinya, tubuhpun jadi sehat.  Jangan menunggu badan kita menjerit-jerit karena menderita. Karena segala sesuatu yang berlebihan itu pada akhirnya tidak baik.

Kalau emang porsinya besar, dan nggak sanggup menghabiskan gimana ?

Ya bungkus aja sisanya. Kan bisa dimakan lagi nanti dirumah, Kalau belum diacak-acak, bisa juga kita bagi dengan orang di rumah.... atau pengemis di jalanan , atau emang kalo bentuknya udah ga karuan dan  nggak bisa kemakan lagi, bisa kita sumbangkan pada kucing atau anjing liar yang ada jalan atau sekitar rumah. Kasihan hidupnya terlunta-lunta. Sedikit makanan yangk ita beri akan menyambung hidupnya, walaupun mungkin untuk sehari itu.

Pokoknya makanan jangan disia-siakan, nggak kepikiran kan makan steak nggak habis, ternyata membuat si sapi mati sia-sia, udah dipotong, ternyata dagingnya ga dimakan. Sayuran ga habis, nggak kepikiran kan, sayuran itu tumbuh dengan subur, hanya untuk berakhir di tong sampah.

Belum lagi kita suka lupa kalo kita masih beruntung masih bisa makan, masih banyak orang yang ga beruntung karena keadaan ekonominya memang tidak memungkinkan.

Makanya, mulai dari sekarang, AYo.. jangan sia-siakan makanan!!

10 comments:

indah veyna said...

aku benci membuang2 makanan
aku benci ngeliat makanan yg gak dimakan
aku benci ngeliat makanan nganggur

wekekekekekek

anonimmmm anomimmmm said...

bnyk yg susah payah mencari makan

Jimmy Yakobus said...

doyan atau rakus mba ??

Jimmy Yakobus said...

yap, seperti nenek gw bilang : "Itu nasinya abisin, nanti nangis loh nasinya"
Adsurb ga sih ??? (eh bener ga nulisnya)

arief rachman said...

absurd kali

indah veyna said...

ah malu gw jd temen lo....

Jimmy Yakobus said...

duh maap yah, dulu bhs inggris gw pas2an

arief rachman said...

eh jangan salah..bahasa inggris gue juga pas-pasan..pas ketika mengatur grammar..hehehe...tapi pas ketemu bule..yg keluar bahasa sunda ..hehehehe

Jimmy Yakobus said...

ei, gw bilang kan dulu yah ....

indah veyna said...

ih tetep kalian2 ini orang2 yg sombong....